Apa Itu Gelar Perhotelan dan Pariwisata?

Anda mungkin berpikir bahwa perhotelan dan pariwisata adalah hal yang sama, dan dalam banyak hal dua industri ini saling berhubungan, tetapi pariwisata memfokuskan secara eksklusif pada menarik dan memberi perhatian pada pengunjung di luar komunitas, sedangkan perhotelan peduli keduanya baik terhadap wisatawan local dan luar.

Gelar perhotelan dan pariwisata memberikan keuntungan lebih bagi para lulusan dibanding mereka yang sudah bekerja di industri tersebut. Anda mendapatkan posisi awal ketika masuk dan mungkin bekerja sampai ke posisi manajemen, tetapi jalan ini cukup panjang dan sulit. Dengan mendapatkan gelar dalam perhotelan dan pariwisata akan memberikan tingkat lebih atas ketika terjun dalam dunia pekerjaan.
Perhotelan mencakup berbagai spesialisasi, termasuk pelayanan dalam hal makanan, penginapan, layanan spa, tempat konferensi dan lainnya. Layanan ini tersedia baik bagi pengunjung maupun penghuni komunitas dimana mereka tempati, dan sementara itu mungkin tampak seolah-olah perhotelan akan lebih penting untuk wisatawan. Padahal ini adalah penduduk setempat yang berusahamendapatkan keuntunganselamamusim sepi liburan.

Pariwisata juga mencakup berbagai spesialisasi. Beberapa wisatawan ingin mengunjungi daerah baru tanpa bimbingan, dan industri pariwisata yang ada membuat perjalanan para wisatawan mulus, aman dan senyaman mungkin.
Jika Anda suka membantu orang, membuat mereka bahagia, maka gelar perhotelan dan pariwisata adalah pilihan tepat bagi Anda.

 

Peluang Kerja Perhotelan dan Pariwisata

Memperoleh gelar perhotelan dan pariwisata memberi Anda kesempatan yang lebih baik ketika masuk ke dalam bidang ini dan bekerja di tingkat manajemen. Lulusan yang ingin masuk ke industri jasa makanan harus mempertimbangkan bekerja di restoran, katering atau manajer umum.

Manajer restoran menjalankan operasional restoran, dan gaji berkisar £ 18.000 hingga £ 40.000 tergantung pada skala restoran dan lokasi restoran tersebut. Manajer Catering menjalankan operasional usaha katering yang menyediakan layanan catering untuk acara-acara hingga resepsi pernikahan. Gaji berjalan sesuai dengan pendapatan restoran, mulai dari £ 15.000 sampai £ 40.000. Manajer umum memastikan kelancaran dan keamanan operasional bar dan pub. Gaji berkisar dari £ 16.000 sampai £ 40.000.

Anda akan menemukan gaji sedikit lebih tinggi ketika bekerja di hotel atau tempat konferensi. Manajer Hotel mendapatkan £ 21.000 hingga  £ 55.000, dan gaji manajer pusat konferensi berkisar dari £ 20.500 sampai £ 65.000.

Semua karir dalam manajemen perhotelan dapat berpindah ke industri pariwisata. Wisatawan membutuhkan tempat untuk makan dan minum, tempat tinggal dan, dalam beberapa kasus, tempat untuk mengadakan sebuah konferensi atau acara. Pariwisata mencakup pekerjaan yang lebih spesifik, termasuk staff pariwisata, manager biro travel dan manager tour.

Staff Pariwisata bekerja sama dengan perusahaan lokal dan pemerintah untuk mengembangkan dan menarik wisatawan ke daerah mereka, karena pariwisata memiliki potensi ekonomi yang besar bagi masyarakat. Staff pariwisata mampu mendapat gaji berkisar £ 14.000 sampai £ 40.000, tergantung pada pengalaman mereka dan di mana mereka ditempatkan.

Lulusan yang senang merencanakan perjalanan dapat mempertimbangkan untuk mengelola agen perjalanan. Mengelola agen perjalanan membuat Anda berpenghasilan antara £ 15.000 hingga £ 45.000. Lulusan ingin menunjukkan kepada para wisatawan tentang semua situs tujuan yang ditawarkan, maka harus bekerja sebagai manajer tour. Manajer tour akan mendapatkan penghasilan antara £ 15.000 hingga £ 30.000.

 

Kurikulum Perhotelan dan Pariwisata

Mempelajari keterampilan tentang pelayanan kepada pelanggan yang baik adalah kunci untuk setiap kurikulum perhotelan dan pariwisata. Pelanggan yang akan menciptakan lapangan usaha, dan mahasiswa akan mempelajari semua aspek pengelolaan, termasuk operasional dan keuangan, kepegawaian, pemasaran, hubungan pelanggan dan kemampuan pemecahan masalah.

Siswa juga akan belajar tentang peraturan seputar wisata nasional dan internasional, termasuk bekerja sama dengan kedutaan besar, paspor dan persyaratan visa dan studi yang mendalam tentang bekerja dengan industri transportasi.