Apa itu gelar Desain Grafis?

Desain grafis mencakup berbagai media, termasuk Web dan desain cetak, desain identitas perusahaan, iklan dan kemasan produk. Tergantung pada aplikasi, desain grafis mungkin melampaui beberapa aspek, seperti mendesain logo perusahaan untuk tampil di semua bahan publikasi dan kemasan produk. Desain grafis adalah salah satu bidang yang paling cepat berkembang bagi para desainer, ini adalah bagian besar yang berhubungan dengan perkembangan teknologi selama bertahun-tahun.

Desainer grafis memainkan peran penting dalam menempatkan klien mereka pada peta dan menjaga mereka tetap di sana. Banyak organisasi beralih ke desainer grafis untuk menciptakan “merek,” membuat mereka dikenali konsumen dengan logo sederhana atau warna dan skema. Sebagai contoh, lengkungan emas McDonald segera mengidentifikasi restoran makanan cepat saji terbesar di seluruh dunia, tanpa perlu nama sebenarnya “McDonald”. Lengkungan ini digunakan dalam segala hal, termasuk kop surat perusahaan dan kartu nama, website perusahaan, kemasan produk, iklan dan restoran sendiri. Ini adalah bentuk branding yang digunakan oleh desainer grafis.
Desain grafis juga bekerja berat di percetakan – di mana bentuk seni berasal – merancang layout halaman dan desain untuk surat kabar, majalah, buku, materi iklan dan kemasan produk. Kemasan produk mungkin termasuk wadah, di mana produk yang dijual, serta bahan-bahan instruksi atau panduan penggunaan ditempatkan di dalam kemasan. Dalam beberapa kasus, seperti untuk perangkat medis, perangkat elektronik dan komputer, spesifikasi teknis ini sangat penting untuk konsumen, yang harus tahu bagaimana menggunakan pembelian produk baru mereka dengan aman.

Desain grafis telah melompat ke informasi yang super cepat dalam abad ke-21 dengan desain situs web sebagai bentuk lain dari seni, yang seringkali termasuk alat interaktif animasi dan user. Banyak organisasi yang melewati media desain cetak tradisional hari ini, dan berfokus terutama pada iklan produk atau jasa mereka secara online melalui situs web dan media sosial.

Siswa yang suka bekerja dengan menggunakan alat desain yang berkaitan dengan komputer yang cocok untuk mengambil gelar di desain grafis. Bidang yang selalu berubah dan berkembang ini menawarkan siswa kesempatan untuk menerapkan seni mereka ke beberapa media yang berbeda.

 

Peluang Kerja Desain Grafis

Seorang desainer grafis dapat menangkap semua karir yang lulusan mahasiswanya bisa masuk. Desainer grafis bekerja dengan sejumlah seni grafis, apakah itu merancang situs web dan game komputer atau tata letak majalah dan buku. Desainer grafis harus bekerja secara langsung dengan klien mereka, mendengarkan apa yang klien bayangkan, dan kemudian mengambil visi itu dan mengubahnya menjadi sesuatu yang memiliki dampak visual yang tinggi pada penonton. Desainer grafis biasanya memulai karier mereka sebagai desainer junior dan bekerja dengan cara mereka sampai menjadi direktur kreatif. Desainer junior mendapatkan £ 14.000 sampai £ 25.000 ; direktur kreatif mendapatkan lebih dari £ 65.000.

Lulusan siswa yang ingin mengkhususkan diri dengan karir desain grafis mereka mungkin menjadi animator atau ilustrator. Animator bekerja dengan berbagai alat, termasuk animasi 2D, pembuatan Model animasi 3D, animasi yang dihasilkan komputer dan teknik bingkai. Animator bekerja di banyak industri, termasuk industri film dan game komputer. Animator mendapatkan gaji berkisar dari £ 12.000 sampai £ 26.000 , dengan pengalaman sekitar 10 tahun.

Ilustrator sebagian besar adalah seniman freelance, sehingga kisaran gaji cukup subyektif. Ilustrator digunakan dalam banyak media, termasuk editorial, yang terdiri dari komik, majalah dan surat kabar; buku; iklan, seperti siaran pers dan poster; mode; barang dagangan, seperti kartu ucapan, keramik, t-shirt dan kalender; corporate branding; multimedia, seperti animasi, website, video game. Ilustrator khusus juga digunakan untuk teks dan referensi buku. Ilustrator bisa mendapatkan gaji £ 14.000 sampai £ 40.000 atau lebih per tahun.

 

Kurikulum Desain Grafis

Kurikulum desain grafis menitik beratkan dalam seni, desain, struktur dan belajar bagaimana bekerja dengan berbagai program yang berkaitan dengan komputer di bidang tersebut. Siswa akan belajar teknik yang diterima di industri, namun juga memiliki kemampuan untuk mengekspresikan kreativitas mereka sendiri, secara individu maupun sebagai tim, ketika bertugas menyelesaikan berbagai proyek desain grafis. Siswa juga akan belajar keterampilan periklanan, pemasaran dan komunikasi untuk membantu dalam menentukan desain yang sempurna untuk kebutuhan klien mereka.