Apa Itu Gelar Desain Fashion/Mode?

Desain mode adalah seni yang merancang dan membuat pakaian dan aksesoris, termasuk perhiasan, topi, sepatu, dasi dan ikat pinggang. Mode adalah bidang yang sangat kompetitif, dengan desainer baru mencoba untuk memasuki pasar setiap hari. Desain mode yang sukses adalah dapat mengkombinasikan antara keterampilan dan bakat – ditambah dengan sedikit keberuntungan. Siswa yang ingin menjadi perancang busana pasti harus fokus pada pengembangan keterampilan mereka dengan mendapatkan gelar desain mode mereka untuk memberi mereka keunggulan atas pesaing mereka.

Gelar desain mode mempersiapkan siswa untuk masuk ke dalam lapangan kerja dengan keterampilan tertinggi. Gelar ini juga mengajarkan mereka bagaimana untuk menyempurnakan bakat mereka, membuat kedua keterampilan dan bakat kerja untuk keuntungan mereka. Hal ini penting ketika memasuki lapangan kerja sebagai desain mode. Siswa harus memahami setiap aspek industry ini, baik dan buruk, sebelum ia akan berhasil di dalam bidang ini.

Mode didorong oleh popularitas dan kelas sosial. Industri mode merupakan industri yang dapat berubah-ubah, dan desainer baru harus belajar bagaimana untuk menavigasi dunia mode yang seringkali temperamental- tidak ada mendapatkan kaki Anda basah di sini. Mode bergerak dengan kecepatan ringan, dan desainer harus bersaing dengan itu agar tetap berada di atas pasar.

 

Peluang Pekerjaan Desain Mode

Ada tiga jenis perancang busana pilihan bagi siswa yang lulus jurusan mode: high street fashion, ready-to-wear dan haute couture desainer. Selain lulusan sarjana yang tidak pintar, dia mungkin tidak akan memulai karir mereka merancang haute couture. Fashion desainer biasanya mulai merancang high street fashion.

High street fashion adalah pakaian sehari-hari yang penting bagi masyarakat. Hal ini dirancang untuk semua orang di setiap kisaran harga. Hal ini diproduksi massal untuk ritel dan biasanya dipengaruhi oleh tren saat ini. High street fashion adalah yang paling khusus dari jenis desain mode, karena harus menarik bagi semua demografi, bukan hanya mereka yang mampu merancang haute couture.

Desain mode ready-to-wear juga disebut sebagai Pret-à-porter, dan lebih eksklusif daripada high street fashion, tapi tidak eksklusif sebagai haute couture. Desain siap pakai dibandingkan ke kerumunan kecil yang mampu dipakai lebih mewah dan mahal, dan sering tampil di catwalk dan di majalah mode.

Haute couture adalah creme-de-la-crème desain mode yang paling menarik. Sebuah gaun haute couture, misalnya, dirancang oleh desainer top mode dan buatan tangan dari kepala sampai kaki, termasuk bordir apapun, pekerjaan renda atau manik-manik. Gaun biasanya potongan pernyataan, sangat mahal dan hanya dipakai oleh yang terkaya dan mode elite.

Lulusan desain mode yang pergi bekerja untuk rumah mode atau pabrik akan memulai karir mereka dan mendapatkan gaji yang berkisar dari £ 14.000 hingga £ 22.000. Ini adalah gaji pemula, dan dalam waktu tiga sampai empat tahun, desainer akan dipromosikan ke desainer junior dan mendapatkan gaji £ 25.000 hingga £ 45.000. Dengan pengalaman yang lebih besar akan menjadi desainer senior dan kepala desainer dengan gaji sebesar £ 45.000 hingga £ 85.000

Karena ritel online telah mengalami kemajuan pesat di abad ke-21, banyak perancang busana memilih untuk bekerja sebagai wiraswasta, bukan desain untuk orang lain. Gaji untuk perancang busana wiraswasta sulit untuk dihitung, karena tergantung pada kemampuan desainer untuk membangun basis klien sendiri dan keberhasilan memasarkan desainnya.

 

Kurikulum Desain Mode

Kurikulum desain mode termasuk belajar tentang desain mode, bekerja sama dengan berbagai jenis kain dan teknik manufaktur garmen dan juga bekerja sama dengan tekstil tenunan dan dicetak. Mode adalah bentuk seni yang sangat luas dan interpretatif, dan mahasiswa yang bertugas merancang busana dari sejumlah bahan, menantang kreativitas mereka dan kemampuan menjahit. Kurikulum lainnya termasuk belajar bagaimana industri bekerja dari sudut pandang usaha.