Apa itu gelar Aktuaria?

Ilmu Aktuaria mencakup ilmu tentang pengelolaan resiko keuangan di masa yang akan datang yang menjadi jurusan popular untuk saat ini dikarenakan kurangya tenaga kerja dalam bidang Aktuaria. Jurusan aktuaria akan banyak mempelajari ilmu ekonomi dan matematika, khususnya yang berhubungan dengan probabilitas dan statistika.

 

Peluang Kerja Aktuaria

Profesi Aktuaris termasuk profesi elit dengan gaji yang sangat besar. Sejak ada keputusan pemerintah yang mewajibkan setiap perusahaan memiliki setidaknya satu aktuaris. Namun, lulusan sarjana aktuaria belum bisa disebut aktuaris sebelum lulus uji sertifikasi. Mereka akan memulai karir sebagai Aktuarial Trainee sebelum menjadi Aktuarialis Bersertifikat.

Tugas inti dari seorang aktuaris adalah memperhitungkan peluang serta resiko yang bisa ditemui di masa yang akan datang. Contohnya, mengolah rumus matematika atau statistik dan menerapkannya untuk memperkirakan resiko investasi ataupun asuransi. Gaji lulusan sarjana aktuaria yang belum mempunyai sertifikasi apapun berkisaran dari £ 25,000 hingga £ 35,000 per tahun.

Aktuarialis yang bersertifikat bertanggung jawab atas beberapa projek atau klien sekaligus. Selain itu, posisi Aktuarialis yang sudah lulus ujian sertifikasi memiliki gaji kisaran mulai dari £ 40,000 hingga £ 55,000 per tahun.

Karena bahasan utama dari jurusan aktuaria adalah risiko keuangan, maka aktuaria banyak dibutuhkan di industri asuransi dan di bidang keuangan. Diantaranya adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, tunjangan karyawan, manajemen resiko, konsultan aktuaria dan lain – lain.

 

Kurikulum Aktuaria

Matematika, Statistik, Ilmu Keuangan dan Ilmu Komputer adalah prinsip – prinsip yang menjadi dasar dari Ilmu Aktuaria. Karena tugas seorang aktuaris adalah memperhitungkan resiko keuangan, program kulaihnya tidak pernah jauh dari operasi hitung – hitungan.

Siswa aktuaria biasanya memiliki keterampilan matematika dan komputer yang tinggi dan memang berminat untuk meniti karir dalam bisnis. Selain itu, siswa juga akan dilatih agar bisa mempunyai keahlian praktis dalam bidang administrasi asuransi dan aktuaria, serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan personal.